2.SEKILAS JII

Apakah J-Sebelas itu?

Jaringan Intel Indonesia (JII) atau disebut j-sebelas adalah organisasi kemasyarakatan dengan lingkup nasional yang menghimpun seluruh potensi masyarakat yang peduli terhadap informasi dan komunikasi. Didirikan di Palembang, Sumatera Selatan pada tanggal 4 September 2003 dan telah disahkan dengan Akta Notaris Achmad Syahroni, SH Nomor 49 Tanggal 15 September 2003 dan didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri (PN) Palembang Nomor 08/2003/P tanggal 17 September 2003.

Sesuai UU No.8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Peraturan Pemerintah (PP) No.18 Tahun 1986 dan Peraturan Mendagri No.5 Tahun 1986 tentang Ruang Lingkup, Tata Cara Pemberitahuan kepada Pemerintah serta Papan nama dan Lambang Organisasi Kemasyarakatan, bahwa Organisasi Kemasyarakatan dengan ruang lingkup Nasional harus memberitahukan keberadaan / pendaftaran organisasinya kepada Menteri Dalam Negeri di Jakarta. Untuk itu melalui Surat No.03/PMP-JII/IX/2003, Jaringan Intel Indonesia telah mendaftarkannya ke Depdagri di Jakarta dengan Tanda Bukti Pemberitahuan masih dalam proses.

Sebagai organisasi yang berkedudukan di Palembang Sumatera Selatan, JII juga telah didaftarkan di Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Propinsi Sumatera Selatan.

Landasan hukum Jaringan Intel Indonesia adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga JII, serta bersifat bebas dan terbuka.

Apakah Tujuan J-Sebelas ?

Sesuai pasal 5 Anggaran Dasar JII, tujuan organisasi ini adalah : 1). Turut menjaga, mengawasi dan mencegah praktek-praktek KKN berkembang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 2). Menghimpun semua informasi, baik data maupun peristiwa yang terjadi dalam masyarakat dan memediatorinya dengan pihak-pihak terkait atau jika dianggap perlu mempublikasikannya dalam rangka turut serta mencerdaskan bangsa. 3). Memberdayakan masyarakat untuk ambil bagian secara aktif dalam bidang pertahanan keamanan, sosial dan politik menuju terciptanya iklim ketatanegaraan yang dinamis dan tetap utuh dan terjaganya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa Tugas dan Fungsi JII ?

Sebagai Organisasi Massa yang bergerak dalam arus informasi dan komunikasi, maka JII akan melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai organisasi yang : 1) Memberikan bantuan informasi intelejen bagi aparat Intelejen Negara (TNI / Polri / BIN dll) melalui laporan-laporan intelejen yang dihimpun para anggota JII (Informan) yang tersebar disetiap pelosok wilayah Indonesia, terutama mengenai informasi tentang hal-hal yang dianggap bisa mengancam kewibawaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2) Memberikan bantuan jasa investigasi bagi masyarakat terhadap kasus-kasus kriminal yang tidak dapat terungkap oleh pihak Kepolisian, memberikan bantuan jasa pengamanan profesional serta pelatihan-pelatihan tenaga pengamanan khusus dalam rangka memenuhi kebutuhan permintaan pengamanan pribadi, perusahaan atau lembaga dalam masyarakat. 3) Mengelola media informasi publik berupa penerbitan pers dan internet yang bebas dan terbuka untuk menyampaikan informasi-informasi yang harus diketahui umum dan menjadi hak masyarakat.

Apa yang Akan Dilakukan JII Selanjutnya?

Sesuai dengan semangat dan cita-cita para pendiri dalam membentuk organisasi ini, JII telah memiliki program-program kerja yang akan segera direalisasikan. Langkah-langkah yang akan dilakukan JII secara bertahap adalah : 1) Membentuk kepengurusan JII disetiap Markas daerah (propinsi), Markas Cabang (kabupaten/kota) dan satuan-satuan intel yang berada di setiap kecamatan yang terdiri dari para anggota yang tersebar disetiap desa / kelurahan dan unit-unit kerja. Melakukan pembenahan administrasi dan tatalaksana internal. 2) Memberikan pelatihan dan keterampilan khusus bagi para pengurus dan anggota tentang kinerja seorang tenaga Bantuan Intelejen yang akan diterjunkan langsung di masyarakat untuk menghimpun setiap informasi dengan cepat, cermat dan akurat.

3) Membentuk divisi-divisi dan biro-biro sebagai ujung tombak operasional organisasi yang akan secara spesifik melaksanakan tugas-tugasnya masing-masing. 4) Menjalankan penerbitan pers dan internet sebagai wadah informasi terbuka yang harus diketahui publik.

Bagaimana Cara Menjadi Angggota JII ?

Karena organisasi JII bersifat bebas dan terbuka, maka tidak sulit bagi siapapun untuk bergabung dengan syarat-syarat yang ditetapkan dalam AD/ART diantaranya : 1)2) Tidak dalam perkara atau telah dijatuhi vonis kasus KKN oleh Pengadilan. 3) Sudah dewasa, sedangkan yang belum dewasa dapat diterima sebagai calon anggota. 4) Menyetujui dan bersedia tidak dengan paksa memperjuangkan AD/ART, mentaati kode etik, program-program perjuangan dan ketentuan-ketentuan organisasi lainnya. Warga Negara Indonesia

Untuk bergabung menjadi anggota (informan) JII siapapun dapat langsung menghubungi markas-markas yang ada di daerah masing-masing. Jika di daerahnya belum terbentuk markas maka dapat langsung menghubungi Markas Pusat JII di kawasan Enim Raya, Jalan Banyulincir III No.651 Palembang. Tlp.(0711) 70011247 atau Hp.08127854877.

Bagaimana Pengaturan Anggota JII ?

Anggota JII (informan) akan mendapatkan kartu anggota dan Surat Tugas. Penempatan tuga seorang anggota akan diatur berdasarkan domisili atau unit kerja atau wilayah dengan status khusus.

Untuk satu desa atau unit kerja sekurang-kurangnya 2 orang anggota. Untuk kelurahan jumlahnya bisa lebih banyak karena akan disesuaikan dengan peta politik dan hankam setempat. Pengesahan nama-nama anggota dilakukan oleh markas cabang setempat.

Selanjutnya para anggota yang berada di setiap desa / kelurahan atau unit kerja melakukan kerjasama dan bergabung dalam kelompok yang diberi nama Stuan Intel. Pengaturan satuan-satuan intel dilakukan oleh masing-masing Markas Daerah dengan kepengurusan terdiri dari Komandan Satuan, Wakil Komandan Satuan dan anggota.

Apakah Tugas Anggota JII (Informan) ?

Sebagai ujung tombak organisasi, anggota JII setiap saat bertugas mencari dan menghimpun informasi berupa data-data dan peristiwa yang ada dan terjadi di wilayah tugasnya.

Seorang anggota dapat mengklasifikasikan sebuah informasi yang diperolehnya menjadi : 1). Informasi Rahasia Negara. Adalah informasi yang menyangkut keselamatan negara. Misalnya informasi tentang adanya gerakan sparatis, gerakan teroris, dan upaya-upaya penggulingan pemerintahan yang sah.

2). Informasi Semi Rahasia. Adalah informasi mengenai kasus-kasus yang terkait atau dilakukan oleh pihak penguasa, pejabat tinggi, pengusaha besar atau orang-orang yang menjadi publik figur.

3). Informasi Biasa. Adalah informasi yang merupakan informasi publik tetapi masih harus dilakukan investigasi dan pendalaman untuk kelengkapan data penunjangnya.

4). Informasi Terbuka. Adalah informasi yang telah 100 persen diyakini kebenarannya sesuai data-data yang ada, telah dilakukan investigasi, cek and ricek serta siap dipertanggungjawabkan dimuka Pengadilan. Informasi ini adalah informasi konsumsi penerbitan pers dan internet.

Apa Keuntungan Menjadi Anggota JII ?

1). Dengan menjadi anggota JII maka berarti telah turut serta membantu menjaga dan mengawasi terjadinya kasus-kasus yang akan merugikan rakyat, bangsa dan negara di lingkungan tugasnya masing-masing.

2). Dengan menjadi Anggota JII maka akan memiliki akses yang luas terhadap informasi-informasi menyangkut kepentingan negara.

3). Dengan menjadi anggota JII akan memperoleh pengetahuan dan pelatihan dasar intelejen, investigasi dan pengamanan dari pihak yang berkompeten.

4). Dengan menjadi anggota JII akan mendapatkan perhatian khusus dari pihak terkait serta mendapatkan kesejahteraan melalui Program Ekonomi JII.

Apakah Resiko Yang Harus Ditanggung Anggota JII?

Sebagai organisasi yang sah, JII telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar dapat mendukung kinerja dan tugas-tugas organisasi. Setiap anggota adalah sah sebagai anggota organisasi kemasyarakatan yang sah dan berhak menggunakan atribut, seragam, dan identitas-identitas organisasi lainnya tanpa rintangan dari pihak manapun.

Mengingat tugas sehari-hari seorang anggota JII adalah melakukan pengamatan, pengawasan, pemantauan terhadap indikasi kasus-kasus yang merugikan negara maka resiko yang harus ia hadapi sangatlah besar.

dalam tugasnya ia harus senantiasa menjaga rahasia jati dirinya sebagai seorang spion atau agen rahasia dalam kondisi apapun. Ia juga harus mampu mengantisipasi setiap keadaan yang bisa membahayakan keselamatan jiwanya.

Seorang anggota JII adalah seorang intelejen swasta yang profesional yang tidak akan pernah mundur dalam tugas dan selalu dapat mencari jalan keluar untuk keberhasilan tugasnya.

Resiko keselamatan seorang anggota JII adalah menjadi resiko pribadi yang harus siap dihadapi. Sedangkan pimpinan JII hanya mampu memberikan jaminan hukum kepada anggotanya di lembaga peradilan selama ia benar-benar melaksanakan tugas sesuai rambu-rambu yang digariskan organisasi serta tidak melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

Bagi yang tidak memiliki keberanian mengambil resiko tersebut maka tidak dianjurkan untuk coba-coba bergabung dalam organisasi ini. Karena seorang intel akan senantiasa asik bermain dalam resiko. Bahaya adalah Biasa !

Bagaimana Kedudukan Seorang Anggota JII Dengan Intel TN/Polri atau Lembaga Intelejen Pemerintah Lainnya?

Sebagai organisasi yang sah dan memiliki arah spesifik yaitu dibidang arus informasi maka seorang anggota JII bertugas untuk pimpinannya. Sama halnya dengan seorang intel pemerintah, ia bertugas untuk pimpinannya. Ia tidak memiliki kaitan satu sama lainnya. Intel TNI hanya menghimpun informasi untuk korpsnya, sedangkan Intel Polri juga mencari informasi untuk kepentingan lembaganya. Seorang Intel adalah Mata Telinga Pimpinannya.

Bagi seorang anggota JII, maka ia adalah seorang intel profesional yang harus mampu mengambil keputusan atas sebuah informasi dengan cepat. Ia bisa menjadi Mata Telinga pimpinan bagi informasi-informasi rahasia, tetapi ia juga harus mampu menjadi mata telinga rakyat, bagi informasi-informasi publik. Anggota JII adalah seorang intel yang juga wartawan dan seorang wartawan yang juga intel.

Kapan Bisa Mulai Bergabung?

Setiap saat setelah betul-betul mengetahui dan memahami segala sesuatu tentang JII dan fungsi serta tugas menjadi seorang anggota, maka sejak saat itulah siapapun dapat bergabung menjadi anggota JII. Satu hal yang menjadi kuncinya adalah jika seseorang tersebut telah menyatakan diri mampu menyimpan rahasia dengan nyawa sebagai jaminannya.

Selamat Bergabung. Terima kasih.

 

 

34 responses

10 03 2008
Jeni Rahman

Palembang itu di Sumatera. Kalau saya di Jawa, dan bukan berada di kota besar, bisakah saya terdaftar menjadi anggota JII?
Apakah tugas-tugas anggota JII menjadi prioritas utama saya dalam menjalani kehidupan?
Bukankah menjadi spion itu adalah pekerjaan sambilan?

11 03 2008
supriadi

Ingat, kita tak perlu berpikir tentang posisi kita. Sumatera, Jawa Kalimantan, Papua dan yang lainnya adalah Indonesia. Kita cukup bicara Indonesia saja. Keberadaan J11 yang berpusat di Palembang adalah kebetulan saja. Dimanapun dalam wilayah RI adalah sama. J11 bisa bermarkas di Papua, Maluku, Sulawesi atau dimana saja. Bisa di kota atau di desa, sama saja.
Demikian juga dengan cara memandang kita. Kita tidak boleh memandang orang karena ia dari Pulau Jawa, ia dari Sumatera atau ia dari daerah paling ujung, paling jauh. Kita adalah Indonesia. Hanya satu Indonesia. Setiap rongrongan terhadap sejengkal tanah di negeri ini berarti rongrongan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.
Karaena demikian, siapapun, dimanapun, asalkan warga negara Indonesia berjiwa merah putih, punya kesadaran akan kewajiban Bela Negara, cinta tanah air, dan siap berkorban untuk Ibu Pertiwi, maka ia berhak untuk bergabung dalam J11.
Sebagai intelejen yang bertugas di dalam negara sendiri, anggota intelejen bukan bertugas untuk memata-matai sesama warga negara. Seorang anggota J11 bertugas untuk ikut menjaga kedaulatan NKRI dari segala rongrongan yang datang dari dalam maupun dari luar negeri.
Seorang intelejen profesional punya kemampuan mendeteksi secara akurat. Ia bukan seorang pencuriga atau paranoid. Ia mampu menganalisa setiap situasi. Ia juga mampu mengambil inisiatif terbaik.
Anggota J11 nanti akan mendapatkan pelatihan tentang dasar-dasar intelejen. Ia akan dilatih menjadi tenaga pengindra yang piawai. Ia bukan dididik untuk perang, ia bukan tentara. Ia juga bukan polisi yang biasa melakukan kekerasan dan suka menangkap orang. Seorang anggota J11 adalah orang terlatih untuk infoman.
Siapun anda, boleh bergabung. Ingat, intelejen bukan seorang pekerja sambilan. Intelejen adalah seorang profesional yang bekerja sebagai intelejen.
Untuk lenbih jauhnya, nanti kita jelaskan lagi. Sebelum bergabung pikirkan dahulu sebelum melangkah. Jangan sampai rugi dikemudian hari. Apapun.
Tks.

30 03 2008
Richard

nanti yang bertanggung jawab di setiap markas atau yang bertandatangan di ID Card siapa yach atau emang ada dari unsur BIN, BAKIN, MENHAMKAM ataukah dari Bpk Presiden

8 06 2008
lino

saya mau nanya, kalo di jakarta dimana tempat nya JII, and kalau di bandung dimana?

13 03 2010
supriadi

Jika anda berminat hubungi langsung kami di Markas pusat. Tks.

20 01 2012
luthfi

Markas ada dimana Pak, maaf sebelumnya pak, saya sms kenomor tersebut kenapa tidak ada balasan, dan sebagainya, mohon penjelasan.. harap maklum pak.

8 06 2008
lino

apakah kalau kita sudah bergabung bisa sambil kerja dan berkarir di tempat kantoran atau di perusahaan lain atau menjadi pegawai negeri atau swasta?

13 03 2010
supriadi

Keanggotaan tidak mengikat. Siapapun anda, dimanapun anda akan sangat memberi kontribusi bagi organisasi dalam rangka ikut berperan dalam menyelamatkan negara dari rongrongan.

24 12 2011
indrawati nasir

apakah masyarakatas tdak curiga atas kita tidak punya pekerjaan tp bsa hidup….???
n siapa yg menggaji kita…???
apa yang trjadi apabila kita menikahi anggota TNI atau POLRI….????

9 02 2009
Fendi Ambesa

SALAM, saya mantan informan sat narkoba Polda-Kupang-NTT
saya ingin bergabung dalam JII.. bagaimana prosedurnya..
saya berdomisili di kupang-NTT.. mohon jawabannya
Terima kasih….

13 03 2010
supriadi

Tepat. Anda akan berkiprah lebih luas lagi, demi bangsa dan negara. Kirim biodata sesuai tertera di halaman 5.KEANGGOTAAN. Selamat bergabung.

11 02 2009
fendi imanuel

salam, saya dan tim dari markas cabang 199 sedang menunggu formulir keanggotaan yang bapak janjikan… mohon dibalas ke email saya,, fendiimanuel@gmail.com

13 03 2010
supriadi

Maaf anda jadi lama menunggu, silahkan kirim biodata sesuai tertera di halaman 5.KEANGGOTAAN. Tks.

7 09 2009
masjack

saya mau bergabung untuk memberikan informasi tentang intel,tetapi saya kurang tau harus kemana? jika bisa saya akan mengabdi untuk negara ini walau saya tau seberapa besar kekuatan saya.

13 03 2010
supriadi

Mungkin disini adalah salah satu sarananya. Silahkan pelajari dulu, baru bergabung.

12 10 2009
dorman

Saya mau tanya apa setelah kita bergabung kita akan mendapatkan gaji’ seperti intel TNI/POLRi yang mendapatkan gaji setiap bulannya’ tapi kalau tidak ya..ituh namanya sambilan saja’ yang penting intinya kita bergabung guna melindungi NKRI’ jangan sampai kita bergabung nanti malah kita merugi’ karena ada biaya2 yang gak jelas yang harus kita tanggung sendiri’ intel sih intel tapi kita kan juga punya keluarga yang musti di berikan makan dan sandang, dan satu lagi’ apakah kita ta diberikan asuransi juga seperti anggota intel TNI/POLRi,,,? karena bapak katakan pekerjaan kita nanti sangat beresiko dan nyawa pula taruhannya’ jangan sampai nanati nyawa kita sudah melayang’ keluarga kita terlantar… mohon penjelasannya

terimakasih.

13 03 2010
supriadi

Bergabung disini anda tidak akan mendapat materi seperti yang anda harap selain sebuah pengabdian yang ukurannya keikhlasan. Pertimbangkan dahulu untung ruginya untuk bergabung. Oke? Tks.

28 06 2010
miftahulhadi

slamat malam pak saya dari sumatra barat sya ingin skali menjadi intel
dulu saya pernah mendaftar masuk polisi tp tidak lulus
dan saya pun pernah mendaftar menjadi tni namun saya tidak lulus jga
apakah bisa rakyat sipil seperty saya bisa menjadi intel negara pak
dan bagai mana carax pak

28 06 2010
miftahulhadi

oya pak saya cma lulusan sma pak apakah masih bisa mejadi intel negara pak
dan kalu saya ikut organisasi ini apakah saya diberi pelatihan pak

10 10 2010
ropii

Oh ya, apakah j-11 punya penerbitan selaian media on-line, misalnya dalam bentuk media cetak

24 01 2011
misbahuddin

bagaimana dengan anak yang belum dewasa. saya ingin sekali mempelajari kasus2, tetapi saya belum dewasa. apakah saya harus menunggu dewasa????

24 01 2011
misbahuddin

bagaimana dengan anak yang belum dewasa saya sangat ingin bergabung tetapi saya belum dewasa

12 03 2011
Okky herawati

Apakah seorang wanita bisa menjadi Intel ???

14 05 2011
anderson

senang sekali bila menjadi anggota j11..dulu saya bercita-cita ingin menjadi seorang intel untuk membongkar kasus-kasus menyangkut kkn dalam pemerintahan..tapi saya terlambat informasi.
Saya mau bertanya kriteria-kriteria untuk menjadi anggota J11.
1.untuk menjadi seorang anggota J11 minimal berijazah apa.
2.apakah seorang J11 itu hanya khusus untuk seorang polri, &intel?
3.apakah masyarakat biasa juga bisa menjadi anggota J11 atau tidak..dalam hal ini bekerja sebagai tukang ojek,rombengan,tukang dorong becak,dan seorang pengusaha apakah bisa menjadi anggota J11 atau tidak…saya mohon penjelasan yang lebih rinci karena saya siap menjadi anggota J11 untuk membongkar setiap kasus yang ada di daerah saya terima kasih.

18 05 2011
meru

apakah setiap saat itu dah pasti ad tugas..??
apakah qta bsa sekaligus mlakukan kegiatan keluarga ketika sudh mnjadi anggota..?
dan kalau JII mjadikan intel yg profesional dan tanpa bayaran alias sukarelawan, b’arti harus orang2 kaya yang uangnya “ngalir” untuk mmenuhi kbutuhan slma btugas…

18 08 2011
Ahmad Fauzi

SEMOGA :-)

22 11 2011
luthfi

saya luthfi di Palu SULTENG, saya ingin berabung di J11, bagaimana caranya? tolong konfirmasinya dan bimbingannya. terimakasih…..

20 12 2011
nova

mas, pengen nanyak-nanyak nih ,
nih ada batas usia gk ,
balasan d tunggu secepatnya , trims :)

20 01 2012
luthfi

Saya Luthfi tinggal diPalu, Sulawesi Tengah, setelah saya membaca beberapa kali tentang info J11 diatas, saya ingin bergabung menjadi anggota. tapi bagaimana caranya?
mohon bimbingannya. terima kasih.

2 02 2012
umar

” wah ini sangat bagus ini, tapi lebih bagusnya kita bergerak di lemgbaga perintah. karena d sana banyak sesuatu yang aneh ganjal dan menyakitkan masyarakat indonesi khusnya.”

26 03 2012
jugler

saya tertarik dengan dunia intellijen, dan ingin juga mengenal lebih dalam, didalam pekerjaan saya pun sepertinya jasa intelljen juga diperlukan, mungkin kah saya berkontribusi sebagai seorang analis, karena saya memiliki pekerjaan utama yang menuntut kehadiran saya.. trims..

19 04 2012
geri

knp no markas nya sulit d hubungi ya….saya mau daftar bang

5 05 2012
franky

tugasnya tidak jauh beda dengan intel TNI/POLRI trus berapak gajinya,………..?

28 05 2012
mata dewa

pak kalo jii sama seperti intel investigasi lsm yg kebanyakan sdh ada ini spt lp2tri, icw , ipw berarti gak ada gajinya…. kalo sesuai penjelasan yg sdh saya baca memangnya pejabat siapa yg mau memberi perhatian dlm bentik finansial……….? mohon penjelasan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: