PERLU KURIKULUM PENDIDIKAN KEBANGSAAN

27 07 2012

Kita adalah bangsa Indonesia, bangsa besar yang menguasai sebagian besar wilayah di Asia Tenggara. Bandingkan saja dengan tetangga-tetangga kita. Seberapa besar luas wilayah mereka?

Hitung saja jumlah penduduknya, dibandingkan dengan negara tetangga, kita adalah terbanyak. Negara kita punya segalanya. Indonsia luar biasa hebatnya.

Namun kita kerap kali lupa akan kebanggaan kita terhadap bangsa ini. Kita memang tidak pernah berjuang merebut kemerdekaan bangsa ini sehingga kita tidak pernah merasakan betapa susahnya menjadikan sebuah negara Indonesia yang merdeka ini.

Kita mesti kembali membuka-buka peta dunia. Lihat disana, letak Indonesia yang sangat strategis. Luasnya bukan main, membentang dari barat ke timur. Silahkan bandingkan sendiri dengan negara-negara lainnya, baik negara yang ada di asia, amerika, erofa, afrika atau australia. Kita banyak kelebihan dari mereka.

Namun mengapa kita kini hanya menjadi bangsa “Strata Kecil Menengah” dalam percaturan dunia?

Kita seringkali diobok-obok oleh Amerika Serikat. Coba kita lihat peta Amerika Serikat lalu bandingkan sendiri dengan Indonesia. Negara kita jelas lebih strategis, lebih kaya, lebih ramai bertetangga sehingga mudah berkunjung dan dikunjungi.

Kita juga terlalu tergantung dengan Jepang. Coba kita bandingkan sendiri, besar mana Indonesia atau Jepang? Jelas kita lebih segalanya.

Apalagi jika kita sekedar mau membandingkan dengan negara Malaysia, Singapura, Thailand dan negara tetangga lain yang katanya kini mereka lebih maju dari kita. Kita jelas lebih unggul, lebih luas, lebih strategis dan lebih kaya dalam segalanya.

Lantas, mengapa kita seringkali seperti tak merasakan kebanggaan atas negara kita yang jauh lebih bagus dari negara lain di bumi ini? Apakah kita berkurang rasa kebanggaan dikarenakan kita telah lama hidup terjajah, hidup menderita, hidup dibohongi oleh pemimpin yang lalim?

Sebagai bangsa, kita tidak semestinya kurang memiliki rasa kebanggaan atas bangsa  yang besar ini. Memang benar sejak merdeka hingga saat ini belum bisa maju, belum bisa sejahtera, belum bisa adil dan makmur. Namun dengan kebesaran bangsa ini, yakinlah, suatu saat akan segera tiba waktunya bangsa ini akan menjadi bangsa paling maju di dunia. Bangsa Indonesia akan berada di depan. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang benar-benar kaya.

Ingat, Indonesia adalah negara yang besar. Kita bukan satu level dengan negara-negara tetangga yang kecil. Tapi Indonesia akan berada setara dengan negara-negara besar. Indonesia akan berada diatas Amerika Serikat. Indonesia akan sama-sama maju dengan China, India, Australia, dan Canada.

Nah, apa yang kurang dari bangsa kita ini sehingga kita kurang memiliki rasa bangga terhadap bangsa ini?

Ada yang keliru saat kita menerapkan rasa kebangsaan kepada generasi penerus kita selama ini. Kita terbiasa dengan cerita sejarah perjuangan bangsa. Kita hanya direpotkan dengan norma-norma yang akhirnya banyak ditinggalkan.

Ingat! Indonesia adalah negara merdeka dan berdaulat penuh. Negara Indonesia tidak pernah dijajah oleh negara manapun. Indonesia Merdeka sejak 17 Agustus 1945. Sejak tanggal itu kita tidak pernah lagi terjajah. Jadi, Indonesia adalah negara yang tidak pernah dijajah.

Nenek moyang kita dahulu, dijaman kerajaan-kerajaan nusantara, pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Namun semenjak lahirnya Indonesia, kita tidak pernah dijajah, dan tidak akan pernah terjajah sampai kapanpun.

Tugas kita sekarang, kita harus membuat kurikulum pendidikan kebangsaan yang menekankan rasa kebanggaan kita atas bangsa ini dengan selalu membandingkan dengan negara-negara lain. Biarkan anak-anak kita setiap hari sibuk membuka-buka peta dunia, menghapal nama-nama pulau kita, menghapal nama-nama negara, membandingkan negaranya dengan negara-negara lain di dunia yang selama ini merasa besar kepala.

Mari kita tunjukkan jika Indonesia layak menjadi negara terhebat di dunia.Urusan politik biarkan mereka yang mengurusinya. Urusan pemerintahan biarkan mereka juga yang mengelolanya.Tapi urusan Indonesia, itu adalah urusan kita bersama. Jangan lagi kita rela membiarkan harga diri bangsa dihina oleh tetangga. Jangan mau kebesaran Indonesia diremehkan oleh negara-negara kecil yang ada di sekitar kita.

Merdeka.

 

 

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: